Selasa, 23 November 2010

Tugas 11 November 2010

FISIP UNS BlogFest 2010
UNS Blogfest merupakan acara tahunan yang rutin yang digelar di Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Sebelas Maret. Acara tersebut diadakan setiap tahun sekali dengan mengikut sertakan seluruh civitas-civitas di FISIP dalam ajang festival blog. Acara blog festival ini diselenggarakan oleh tim Webometric UNS dan pakar dalam bidang IT. UNS BlogFest ini diselenggarakan hari Rabu, 10 November 2010 bertepatan dengan hari Pahlawan di aula FISIP UNS dan dihadiri oleh kurang lebih 300 peserta mulai dari mahasiswa sendiri maupun dari fakultas diluar FISIP, dan yang istimewa dari UNS BlogFest 2010 ini, ternyata juga dihadiri oleh mahasiswa Internasional untuk memeriahkan acara tersebut. Pada tahun 2009 yang lalu, UNS BlogFest bertajuk UNS BlogFest 0.9 maka tahun ini merupakan tahun kedua penyelenggaraan acara ini yang diberi nama UNS BlogFest 1.0 , dengan tema ‘Research on the blog’. Sudah tercatat 300 orang yang berpartisipasi dalam pembuatan blog di FISIP UNS, akan tetapi baru sekitar 100 lebih yang aktif menggunakan blog di FISIP UNS ini. Untuk menjadikan acara lebih menarik dan mendapat antusiasme dari mahasiswa sendiri, panitia memberikan doorprize antara lain modem, flashdisc, dll. Acara inilah yang ditunggu-tunggu para blogger yang sudah berpartisipasi dalam memposting tulisan mereka diblog pribadi mereka masing-masing. Pemberian doorprize yang dibagikan oleh Pak Ramdhon tidak hanya bagi blogger yang rajin memposting tulisan mereka tetapi juga bagi para blogger yang baru saja membuat blog di situs FISIP UNS, karena mereka juga telah ikut memajukan dan berpartisipasi dalam acara UNS BlogFest 2010. Hal ini membuktikan bahwa sekecil apapun partisipasi mahasiwa dalam BlogFest sangat berpengaruh karena itu dibutuhkan apresiasi agar mereka meningkatkan keaktifannya dalam membuat blog. Tulisan para blogger ini telah membantu UNS meraih peringkat 1500-an dari seluruh perguruan tinggi didunia dan peringkat 6 secara Nasional.
Acara yang dimulai pada pukul 10.15 WIB ini atau mundur sekitar 1 jam tersebut, dimeriahkan oleh tim wayang sebelah. Sebelum acara dimulai, terlebih dahulu Beliau Bapak Drs. Son Haji, M.Si membuka acara UNS BlogFest 2010 dengan beberapa sambutan yang berguna bagi para mahasiswa itu sendiri. Beliau mengatakan dalam sambutannya, “penggunaan internet khususnya dalam blog di UNS masih fluktuatif, atau bisa dikatakan naik turun, hingga saat ini masih belum ada blog yang berisi tentang gagasan dari mahasiswa sendiri yang menjadi furum untuk bertukar pikiran atau berdiskusi”. Beliau juga memberikan masukan tentang blog untuk mahasiswa, agar blog pribadi mereka tidak hanya dipakai sekedar menulis saja, melainkan digunakan untuk forum bertukar pendapat dan pikiran. Setelah acara sambutan selesai, dilanjutkan talkshow tim wayang sebelah. Dalam acara ini ditampilkan pertunjukan wayang yang sederhana, menggelitik, tetapi mempunyai pesan, kritik, dan saran bagi seluruh masyarakat UNS termasuk mahasiswa itu sendiri. Pertunjukan wayang tersebut, diiringi oleh alunan music tradisional tetapi kaya akan aransemen modern.
Pementasan dari tim wayang sebelah tersebut berjudul “tragedy jual beli mimpi” artinya mengharapkan sesuatu yang instan yang pasti berakibat fatal, misalnya saja internet. Internet juga bisa menjadi jual beli mimpi yang berarti menipu, akan tetapi jika dimanfaatkan dengan baik pasti akan sangat berguna. Dalam cerita wayang yang dipentaskan oleh tim wayang sebelah tersebut, diceritakan tentang masalah-masalah social yang terjadi dalam masyarakat saat ini. Seperti saja semisal ketika menjadi pemimpin sebut saja kepala desa, seorang kepala desa tersebut harus mempunyai sifat yang bijaksana, adil, dan jujur agar dapat menjadikan warga masyarakatnya damai sejahtera, bukan malah mempertaruhkan masyarakat demi harta kekayaan semata. Antusiasme mahasiswa melihat lakon yang dimainkan dalang, apalagi gelak tawa yang sering hadir membuat gemuruh ceria memenuhi ruang aula FISIP UNS, tempat diadakannya UNS BlogFest 2010 tersebut. Dalang yang bisa membawa para penonton terlarut dalam suasana tawa ditambah lagi pesan-pesan moral yang coba ditekankan pada setiap dialog juga sangat mudah dipahami dan terlihat segar karena tidak terkesan dipaksakan. Acara yang berakhir pada pukul 13.00 WIB tersebut, ditutup dengan pemberian hadiah berupa modem CDMA dan sertifikat bagi blogger yang aktif memberikan tulisannya diblog pribadi mereka. Saya merupakan salah satu pemenang dalam acara UNS BlogFest 2010 ini. Saya tidak mengira akan memenangkannya karena blog saya hanya berisi mengenai tugas-tugas dan catatan tentang sosiologi.
UNS Blogfest adalah acara yang sangat bermanfaat dan berguna bagi mahasiswa, karena memacu semangat para mahasiswa untuk lebih kreatif dan lebih berani dalam menuangkan ide dan gagasan mereka bagi pengguna internet yang membutuhkan informasi. Dengan menulis blog diblog pribadi masing-masing, seorang telah mulai berperan aktif memajukan kehidupan dengan informasi yang diberikan. Blog juga bisa menjadi sebuah ajang pengungkapan pandangan seseorang terhadap gejala fenomena social yang terjadi dalam masyarakat. Beberapa orang mungkin takut mengungkapkan pendapat mereka secara lisan kepada orang yang bersangkutan, jadi blog bisa menjadi salah satu alternatif dalam mengungkapkan pendapat mereka di internet. Semoga acara seperti ini terus ada dan lebih berkembang lagi.