Sabtu, 13 November 2010

tugas 4 november 2010

PERSAMAAN DAN PERBEDAAN JARINGAN INTERNET DENGAN JARINGAN DALAM ILMU SOSIOLOGI
Pengertian antara keduanya
Pengertian jaringan internet adalah kumpulan dari sejumlah perangkat berupa komputer, hub, switch, router, atau perangkat jaringan lainnya yang terhubung dengan menggunakan media komunikasi tertentu. Sedangkan pengertian jaringan dalam ilmu sosiologi adalah suatu struktur sosial yang dibentuk dari simpul-simpul (yang umumnya adalah individu atau organisasi) yang diikat dengan satu atau lebih tipe relasi spesifik seperti nilai, visi, ide, teman, keturunan, dan lainnya.
Persamaan
Persamaan yang ada antara jaringan internet dengan jaringan yang ada dalam ilmu sosiologi adalah sama-sama menghubungkan sesuatu hal dengan hal lainnya, sehingga komponen-komponen tersebut dapat saling berhubungan.
Perbedaan
Perbedaan dari kedua jaringan tersebut terletak pada perangkat yang menghubungkan, komponen yang dihubungkan, system yang digunakan, fungsi jaringan tersebut dan manfaatnya
Sekarang akan dibahas tentang perbedaan-perbedaan tersebut.
• Komponen-komponen yang dihubungkan
Hal yang dihubungkan, didalam internet adalah computer-komputer diseluruh dunia sehingga membentuk ruang maya (cyberspace) dimana antara satu computer dengan computer lainnya dapat saling berhubungan atau berkomunikasi. Sedangkan dalam ilmu sosiologi, jaringan menghubungkan suatu komunitas dengan komunitas lainnya.
• Sistem yang digunakan
Jaringan internet menyediakan data berupa multimedia sehingga system yang digunakan dalam menghubungkan computer-komputer ini menggunakan tehnologi world wide web, sedangkan jaringan dalam sosiologi lebih bersifat sederhana, jaringan internet juga memiliki peran yang besar dalam membentuk suatu komunitas. Banyak manfaat yang dapat di peroleh.
• Fungsi dan manfaat
Dapat dirasakan oleh masinng-masing orang yang menggunakan internet dan yang berada yang suatu komunitas tertentu. Masing-masing memiliki fungsi dan manfaat sendiri-sendiri.