Kamis, 25 November 2010

Tugas menyusul

A. Fenomena Situs Jejaring Sosial
Dewasa ini , situs jejaring sosial seperti Facebook, Twitter, YouTube, Plurk, Myspace dan Kaskus telah menarik jutaan pengguna, dimana tidak sedikit dari mereka yang menjadikan jejaring sosial ini menjadi bagian dalam aktivitas sehari-hari mereka. Pengguna dari situs jejaring social ini rata-rata adalah para remaja. Hal ini tentu saya berdampak buruk bagi para remaja itu sendiri.
Pengertian dari situs jejaring social sendiri adalah struktur social yang terdiri dari elemen-elemen individual atau organisasi jejaring ini menunjukan jalan dimana mereka berhubungan karena kesamaan sosialitas, mulai dari mereka yang dikenal sehari-hari sapai dengan keluarga. Selain itu situs jejaring social dapat diartikan juga sebagai layanan berbasis web yang memungkinkan individu untuk membangun hubungan publik atau semi-publik dibatasi profil dalam sebuah system dan mengartikulasikan daftar pengguna lain dengan siapa mereka berhubungan. Apa yang membuat situs jejaring sosial unik bukanlah bahwa situs ini memungkinkan individu untuk bertemu orang asing, tetapi situs ini memungkinkan pengguna dapat memperlihatkan jaringan sosial mereka. Hal ini terjadi karena pada banyak situs jejaring sosial, para pengguna memiliki daftar teman yang memang sudah mereka kenal pada kehidupan nyata Walaupun tidak menutup kemungkinan, sebagian orang yang memang mencari teman-teman yang baru.
B. Sejarah Situs Jejaring Sosial
Menurut sejarahnya, situs jaringan sosial pertama diluncurkan pada tahun 1997 lewat SixDegrees.com. Situs ini memungkinkan pengguna untuk membuat profil dan daftar teman mereka. SixDegrees.com sendiri dipromosikan sebagai alat untuk membantu orang berhubungan dengan mengirim pesan ke orang lain. Dari tahun 1997 hingga 2001, sejumlah situs jejaring sosial mula tumbuh. Sebut saja AsianAvenue, BlackPlanet, dan MiGente yang memungkinkan pengguna untuk membuat profil pribadi maupun profesional, dan dapat mengidentifikasi Friends di profil pribadi mereka tanpa meminta persetujuan untuk tindakan-tindakan tersebut. Tidak lama setelah peluncuran pada tahun 1999, LiveJournal muncul dalam wujud buku harian yang memungkinkan orang lain dapat mengaksesnya. Kemudian, ada Cyworld situs dunia maya ini dimulai pada tahun 1999 dan menambahkan fitur jejaring sosial pada tahun 2001, bebas dari situs lain tersebut. Cyworld memonopoli pasar Korea dengan memperkenalkan fitur homepage dan teman-teman. Demikian juga, ketika komunitas web LunarStorm Swedia refashioned dirinya sebagai situs jejaring sosial pada tahun 2000, itu berisi daftar Teman, guestbook, dan halaman buku harian. Setelah itu, gelombang berikutnya dimulai ketika SNSs Ryze.com diluncurkan pada tahun 2001 untuk membantu orang memanfaatkan jaringan bisnis mereka. Kemudian muncul, MySpace yang menarik perhatian media sebagian besar di Amerika Serikat dan luar negeri, friendster yang berkembang pesat di Kepulauan Pasifik, Mixi berkembang di Jepang, Hi5 di negara-negara kecil di Amerika Latin, Amerika Selatan, dan Eropa, Kemudian Bebo juga menjadi sangat populer di Inggris Raya, Selandia Baru, dan Australia, sampai Facebook dan Twitter yang sekarang ini menjadi tren dihampir seluruh dunia.
C. Kelebihan dan Kelemahan Situs Jejaring Sosial
Keberadaan situs jejaring sosial ini memudahkan kita untuk berinteraksibiayatelepon. Selain itu, dengan adanya situs jejaring sosial, penyebaran informasi dapat berlangsung secara cepat. dengan mudah dengan orang-orang dari seluruh belahan dunia dengan yang lebih murah dibandingkan menggunakan
Kemunculan situs jejaring sosial ini menyebabkan interaksiinterpersonalface-to-face) cenderung menurun. Orang lebih memilih untuk menggunakan situs jejaring sosial karena lebih praktis.. Di lain pihak, kemunculan situs jejaring sosial ini membuat anak muda tidak dapat tidak mengakses internet.. Dalam kadar yang berlebihan, situs jejaring sosial ini secara tidak langsung membawa dampak negatif, seperti kecanduan (addiksi) yang berlebihan dan terganggunya privasi seseorang.
D. Hal Menarik dari Situs Jejaring Sosial
Di dunia maya terdapat berbagai macam situs-situs jejaring sosial. ada 5 situs yang merupakan jejaring sosial terfavorit, antara lain:
• Facebook
Facebook atau disingkat FB adalah sebuah situs web jejaring sosial populer yang diluncurkan pada 4 Februari 2004. Facebook didirikan oleh Mark Zuckerberg, seorang Mahasiswa Harvard kelahiran 14 Mei 1984 dan mantan murid Ardsley High School. Keanggotaannya pada awalnya dibatasi untuk siswa dari Harvard College. Dalam dua bulan selanjutnya, keanggotaannya diperluas ke sekolah lain di wilayah Boston (Boston College, Boston University, MIT, Tufts), Rochester, Stanford, NYU, Northwestern, dan semua sekolah yang termasuk dalam Ivy League. Banyak perguruan tinggi lain yang selanjutnya ditambahkan berturut-turut dalam kurun waktu satu tahun setelah peluncurannya. Akhirnya, orang-orang yang memiliki alamat surat-e suatu universitas (seperti: .edu, .ac, .uk, dll) dari seluruh dunia dapat juga bergabung dengan situs jejaring sosial ini. Selanjutnya dikembangkan pula jaringan untuk sekolah-sekolah tingkat atas dan beberapa perusahaan besar. Sejak 11 September 2006, orang dengan alamat surat-e apa pun dapat mendaftar di Facebook. Pengguna dapat memilih untuk bergabung dengan satu atau lebih jaringan yang tersedia, seperti berdasarkan sekolah, tempat kerja, atau wilayah geografis. Hingga Juli 2007, facebook memiliki jumlah pengguna terdaftar paling besar di antara situs-situs yang berfokus pada sekolah dengan lebih dari 34 juta anggota aktif yang dimilikinya dari seluruh dunia. Dari September 2006 hingga September 2007, peringkatnya naik dari posisi ke-60 ke posisi ke-7 situs paling banyak dikunjungi, dan merupakan situs nomor satu untuk foto di Amerika Serikat, mengungguli situs publik lain seperti Flickr, dengan 8,5 juta foto dimuat setiap harinya.
• Twitter
Twitter adalah sebuah situs mikroblog dan situs web jejaring sosial yang memberikan fasilitas bagi pengguna untuk mengirimkan “pembaharuan” berupa tulisan teks dengan panjang maksimum 140 karakter melalui SMS, pengirim pesan instan, surat elektronik, atau aplikasi seperti Twitterrific dan Twitbin. Twitter didirikan pada Maret 2006 oleh perusahaan rintisan Obvious Corp. Kata twitter secara harfiah berarti ‘berkicau’.Situs ini mempunyai konsep blog mikro dalam penggunaannya.Di Indonesia situs jejaring sosial ini mempunyai pengguna aktif yang cukup banyak. Kesuksesan Twitter membuat banyak situs lain meniru konsepnya, kadang menawarkan layanan spesifik lokal suatu negara atau menggabungkan dengan layanan lainnya. Suatu sumber bahkan menyebutkan bahwa paling tidak ada 111 situs web yang memiliki layanan mirip dengan Twitter
• Friendster
Friendster, yang ide penamaannya berasal dari nama Napster, adalah sebuah situs web jejaring sosial yang memberikan fasilitas untuk membuat profil dan kemudian mengisi data dirinya untuk kemudian mendapatkan akun di Friendster. Dalam Friendster, kita juga dapat melihat teman dari teman kita dan teman dari teman dari teman kita, selain melihat teman kita sendiri.
Friendster dimulai sejak tahun 2002 oleh Jonathan Abrams dan sekarang sudah melewati masa beta test. Sejak awal 2005, Friendster juga telah memulai fitur blog. Saat ini Friendster telah menginternasionalisasi bahasanya yang semula hanya bahasa Inggris, saat ini telah tersedia bahasa Indonesia, bahasa Tionghoa, bahasa Spanyol, bahasa Korea, bahasa Jepang, bahasa Vietnam, bahasa Malaysia.
Sejak Desember 2009 MOL Malaysia telah membeli Friendster seharga AS$ 100 juta.
• MySpace
MySpace adalah situs web jejaring sosial populer yang menawarkan jaringan antar teman, profil pribadi, blog, grup, foto, musik, dan video untuk remaja dan dewasa di seluruh dunia. MySpace adalah tempat untuk mempromosikan band baru. Markas situs ini terletak di Beverly Hills, California, Amerika Serikat.
• Multiply
Multiply.com menyediakan layanan blog. Blog yang di-posting ke Multiply.com dapat secara otomatis diteruskan ke akun LiveJournal, Blogger atau TypePad. Dimungkinkan pula untuk mem-posting via surat elektronik atau MMS. Pengguna juga dapat memberikan komentar terhadap sebuah film atau buku, dan pengguna juga dapat berbagi jadwal acara berdasarkan kalender.
Pada intinya, ketika situs-situs jejaring sosial ini semakin memiliki fitur yang lengkap, maka situs-situs jejaring sosial ini akan semakin mudah menguasai pasar di seluruh dunia. Hal ini diindikasikan dengan banyaknya dampak positif yang diberikan oleh fitur-fitur yang lengkap dalam situs-situs jejaring sosial ini. Misalnya dengan fitur message dapat memupuk hubungan antar kerabat. Hal ini tentunya sangat penting, apalagi bagi orang-orang yang tidak punya banyak waktu untuk bertatap muka dengan kerabatnya karena kesibukan yang dimiliki. Jejaring sosial ini juga dapat membantu orang asing terhubung didasarkan pada kesamaan kepentingan, pandangan politik, atau kegiatan tertentu.
Selain itu, dengan adanya fitur yang lengkap seperti blogging dan foto / video-sharing, membuat orang dapat mengekspresikan diri dan berbagi cerita kepada teman-teman. Hal ini juga dapat membuat orang lebih mengenal sosok teman dunia maya mereka. Lewat fitur-fitur ini, para pengguna dapat menggambarkan bagaimana diri mereka sesuai selera mereka terhadap buku, music, film, dan sebagainya. Selain itu mereka juga dapat menunjukkan kepada khalayak apa yang sedang dipikirkan atau dirasakan yang dapat diperbaharui setiap saat sesuai suasana hati.
Pengungkapan apa yang menjadi selera seseorang dalam situs jejaring sosial memang dapat menjadi ajang untuk dapat mengetahui `taste` seseorang. Lewat pengungkapan ini, pengguna dapat menampilkan dan perbedaan status mereka kepada audiens yang terdiri dari teman-teman, rekan kerja, pacar, dan Web publik.
Saat ini, tidak ada data yang dapat diandalkan mengenai berapa banyak orang yang menggunakan Situs Jejaring Sosial. Meskipun demikian, riset pemasaran menunjukkan bahwa situs jejaring sosial semakin populer di seluruh dunia (comScore, 2007). Kepopuleran situs jejaring sosial ini juga dikarenakan sudah banyaknya teknologi yang memungkinkan kita untuk mengakses situs ini dimana saja dan kapan saja. Pertumbuhan ini telah mendorong banyak perusahaan untuk menginvestasikan waktu dan uang dalam menciptakan, pembelian, mempromosikan, dan beriklan di jejaring sosial